10.3.11

belajar bikin "potato wedges"

segala sesuatu tak pernah datang tanpa makna. percaya semua indah pada waktunya. jatuh pada awalnya, tapi harus bangkit dengan segera!! :D

haiiiiiii...lama banget ga berbagi cerita disini. selama lebih kurang tiga minggu, saya bener-bener jadi penikmat postingan jeng piqa :) yaa, ada hal yang membuat saya bener-bener harus bedrest di kampung halaman, jogja, dan libur dari kegiatan masak memasak maupun kegiatan lainnya. aktivitas praktis hanya di tempat tidur : makan, tidur, paling mandi yang di kamar mandi, hehe..setelah tiga minggu bedrest, saya kembali mencoba masak. yang ringan-ringan saja, itupun dibantu ibu. fisik masih payah, cepat lelah :D  apa masakan saya kali ini? yang bener-bener gampang : POTATO WEDGES! :) resep kentang oven yang digoreng ini hasil browsing sana sini...



hmm..fotonya bagus-bagus kan (dibanding yang biasa)? hahaha..saya sedikit diajari soal food photography sama kakak, dan dapet pinjeman SLR-nya :D jadi mupeenggg piq, ayo nabung buat beli SLR...hahaha..oke deh, capcus ke cara masaknya yaa...

potato wedges ini kesukaan saya kalo lagi jajan di salah satu franchise fried chicken. memakannya dengan mayones, sangat maknyus! karena penasaran, saya akhirnya menemukan resepnya dari berbagai sumber. dari sekian banyak resep, saya pilih yang paling gampang dan sedikit modifikasi dengan bahan yang ada di rumah. salah satu resep yang jadi rujukan bisa diklik disini.
Bahan kentang :
- 6 buah kentang, bersihkan kulitnya hingga bersih sih, potong menjadi 4 bagian
- 1 butir telur
- 1 cup susu UHT
- tepung terigu
- oregano
- lada bubuk
- garam

bahan-bahannya...



Bahan cream cheese :
- 2 sdm mentega
- 2 sdm tepung terigu
- 1 cup susu UHT
- garam
- keju parut, banyaknya sesuai selera


Cara membuat kentangnya :
1. Rendam kentang dalam air hangat dengan larutan garam (asin sesuai selera) selama kira-kira 1 jam
2. Kukus kentang di panci kukusan sampai empuk
3. (Optional) bs dioven lg untuk mengeringkan kentang dari air kukusan
4. Siapkan :: kocokan telur dicampur susu UHT, jangan terlalu encer. Sisihkan
5. Siapkan :: campur tepung terigu, garam, lada bubuk dan oregano secukupnya. Sisihkan
6. Gulingkan kentang ke dalam kocokan telur-pindahkan ke campuran tepung-ke telur lagi-ke tepung lagi. Sisihkan
7. Setelah semua dibalur tepung, goreng deh sampai kira2 tepungnya rata menguning :)

**** Membuat cream cheese :
1. Cairkan mentega di atas api sedang, masukkan tepung terigu dan diaduk cepat.
2. Setelah mentega dan tepung tercampur rata, masukkan susu sedikit demi sedikit, dengan keenceran/kekentalan sesuai selera
3. Tambahkan sedikit garam
4. Masukkan keju parut. Aduk2 dah!

dannn...potato wedgesnya bisa dinikmati dengan saus keju maupun saus cabe sesuai selera :) selamat mencoba!
 

oya, untuk kentangnya, ada yang langsung digoreng tanpa dikukus. tapi, menggorengnya paling tidak harus dua kali agar memastikan kentangnya matang. tapi, kalau saya lebih suka mengukusnya karena udah pasti matang kentangnya :D dioven untuk lebih maknyus aja, sebelum akhirnya digoreng...

by : dapur inggit

9 comments:

  1. ditunggu resep potato skin, untuk teman santai. mbakyu,...

    ReplyDelete
  2. potato skin? hmm...baru denger *ndesooo...haha..wokee, tar tanya mbah google deh..penasaran juga :D

    ReplyDelete
  3. mbaaakk...aku contek resepnya yaaa! Matursuwuuun....:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, baru baca komennya :D silakan mbaaakk

      Delete
  4. Mbaak, izin nyontek resepnya yaaa, dan saya upload ulang di fanspage dan blog saya, sudah saya cantumkan sumbernya :D
    *maaf kemarin lupa bilang, baru tadi saya upload setelah resepnya saya coba bikin sendiri*
    Makasih mbaa, resepnya enaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak hayunda, makasih udah nyoba yaa :D eh blog-nya apa? tar saya mampiiirrr

      Delete
  5. Ternyata bikin cream cheese gampang banget ya^^
    Dicampur sedikit cabe bubuk supaya ada rasa pedesnya mungkin patut dicoba

    thanks for sharing, mba^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, belum pernah dicampur cabe bubuk. ide menarik, kapan2 coba deh. makasih mbak :)

      Delete
  6. wah ternyata gampang yah, dicoba ah. Makasih mbak resepnya

    ReplyDelete