2.12.10

nugget sehat, bekal buat si kecil *kalau sudah sekolah nanti*


sementara inggit lagi jalan-jalan dan menikmati jajan di negeri jiran, saya masih nggak jauh-jauh dari dapur mungil saya di bojonggede, hehe... saya lagi penasaran menjajal resep nuggetnya Astrid sepupu saya yang jago masak dan punya dua bocah lucu yang selalu fanatik dengan masakan mamanya. salah satunya ya nugget ayam itu.

nugget, yang tergolong sebagai makanan favorit anak-anak kecil gampang ditemui di supermarket dan diklaim banyak kandungan gizi ini dan itu. tapi tentu saja saya akan buru-buru curiga dengan penyedap-pengawet-pewarna yang terkandung di dalamnya. asal tidak tiap hari, sesekali sih boleh saja perut tercemar dengan bahan-bahan itu. tapi kalau bisa dan sempat, lebih baik bikin sendiri. gampang kok!


bahan-bahannya cuma daging ayam fillet, wortel, telur, susu bubuk fulkrim, bawang bombay, garlic powder, tepung segitiga biru, bread crumb (tepung roti), lada dan garam.

saya memulainya dengan memblender wortel tanpa air. setelah itu, menumisnya dengan bawang bombay yang dirajang halus.

setelah warnanya berubah matang, dinginkan.

karena saya tinggal di udik yang agak jauh dari supermarket besar, saya tidak berhasil mendapatkan fillet ayam. saya pun membuatnya sendiri dengan memilah daging ayam dari lemaknya. dan hasilnya agak acakadut. biarlah, toh setelah ini ayam itu akan dihancurkan, hehehe...

awalnya saya memblender daging ayam tanpa air, walhasil blender saya ngadat, diam tak bergerak dan mengeluarkan bau hangus (korslet?). untung saja setelah syok sesaat, akhirnya blender itu mau menyala lagi, ffuihh... oleh karena itu, jangan lupa menambahkan air yaa...


selanjutnya, daging ayam yang sudah halus dicampur dengan telur, sedikit bread crumb, susu, garlic powder dan garam. karena saya tidak punya garlic powder, sebagai gantinya saya masukkan ulekan bawang putih dengan lada.
 


setelah adonan ayam diaduk rata, masukkan adonan wortel, aduk lagi sampai tercampur merata. 


siapkan loyang yang sudah dioles dengan mentega, masukkan adonannya.


hehe, ini bukan maksud saya kecentilan sehingga memakai loyang bentuk hati, tetapi karena cuma loyang ini yang muat di dandang saya...

kukus sampai matang. bagaiman bisa tahu kalau sudah matang? tusuk saja pakai tusuk sate. kalau adonannya sudah tak lengket, artinya siap diangkat.

sayang sekali saya tidak punya cetakan yang lucu-lucu, jadi nuggetnya saya potong kotak-kotak saja. sekilas, jadi mirip tempe ya?

bagian terakhir dari cerita nugget ini adalah tiga kali celupan. pertama, tepung segitiga biru.




kedua, bikin adonan celupan yang terdiri dari telur, tepung segitiga biru, baking powder, dan garam. tambahkan sedikit air es, aduk-aduk.




celupan terakhir tentu saja bread crumb yang gruntul-gruntul itu. sudah selesai, tinggal goreng deh. sisanya juga bisa disimpan di kulkas buat stok kalau di lain hari saya lagi malas masak, hehe...


bagaimana rasanya? kata suami saya: enak! aduh senangnya... jadi deh satu menu bakal bekalnya anak saya nanti. *eh padahal masih lama dia sekolahnya;-)
.

8 comments:

  1. mantap boss!! mau juga sih dikirimin beginian XD

    ReplyDelete
  2. oh wortelnya ditumis dulu yaaa... berhubung males... kalo aku langsung campur2 aja :)hehee

    ReplyDelete
  3. @anita: hahahaha bosok gan klo pake tiki
    @mbak julia: iya tuh mbak, soalnya saya ngikutin yang punya resep, hehehe. niwei salam kenal ya mbak;)

    ReplyDelete
  4. mbak tks resepnya yah.. enak loh...

    ReplyDelete
  5. mbak resepnya boleh ya aku coba...., saya share jg ke yg lain ya. tks, mo jualan nih variasi ayam halal..he3 usaha nambah kocek!
    tks mbak salam kenal ya...

    ReplyDelete
  6. waaa menunya menginspirasi sekali, pernah bikin nugget ayam sayur kaya gini tapi bingung sisanya itu bisa tahan berapa hari, jd langsung goreng semua
    kalo dari resep ini, sisa nugget tahan berapa hari ya?maklum saya ngekos sama adek saya, jd kalo sarapan pengennya cepet dan praktis kalo bisa sehat. hehe. makasi jawabanyya ^^

    ReplyDelete
  7. nom nom nom
    kirim kilat kesini pake jne :D

    E

    ReplyDelete